Translate

Selasa, 30 April 2013

Belajar Berdakwah Ilallah


Saudara/ Sudariku ini ada kerangka belajar Dakwah Ilallah.. Tentu belum lengkap mohon dilengkapi sendiri ya...
Mohon maaf juga sebelumnya karena saya baru belajar... dan doain ya..supaya saya bisa.....
 
Sebelum memulai Dakwah ilallah maka hendaklah bersihkan Niat yaitu hanya mengharap ridho allah, tanamkan kedalam hati bahwa orang-orang yang mengikuti dan cinta Rosullah harus punya Niat Dakwah...

Bila sudah punya niat dakwah lakukanlah sesuai dengan kemampuanmu terlebih dahulu.. bila diminta umat untuk menjelaskan “Kenapa harus Dakwah”... iNsyaallah langkah-langkah ini dapat memudahkan kita untuk menjelaskan pokok-pokok yang perlu disampaikan sebagai berikut:
  1. Sebelumnya  Pujilah  allah SWT dan bersholawat kepada Nabi SAW.
  2. Bacakanlah firman-firman Allah SWT dan Hadist terkait usaha dakwah.
  3. Latar belakang usaha dakwah 
  4. Tujuan berdakwah 
  5. Apakah yang didakwahkan 
  6.  Bagaimana caranya (Tutunan Al-quran) 
  7.  Fadhilah orang yang berdakwah 
  8.  Kesimpulan dan Penutup
Adv 2   Firman-firman Allah SWT dan Hadist terkait usaha dakwah yang Mafhum sebagai berikut:
“Katakanlah (hai Muhammad): ‘Inilah jalanku. Aku dan orang-orang yang mengikutiku berdakwah  kepada Allah dengan hujah yang nyata. Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”. (Yusuf : 108).

“Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang berdakwah (menyeru) kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: ‘Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri?” (Fushilat : 33)

Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik. (QS Ali ‘Imran : 110)

“Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang-orang yang zalim saja di antara kamu. dan ketahuilah bahwa Allah Amat keras siksaan-Nya.” (QS Al-Anfal : 25)

Allah SWT berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka…” (QS. At Tahrim : 6)

“Sesungguhnya Allah swt memberi banyak kebaikan, para malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, sampai semut-semut di lubangnya dan ikan-ikan selalu mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili).

“Demi Allah, sesungguhnya Allah SWT menunjuki seseorang karena (dakwah)mu maka itu lebih bagimu daripada unta merah.” (Bukhari, Muslim & Ahmad).

Absennya dakwah di tengah-tengah masyarakat juga akan mengakibatkan doa-doa kita tidak lagi didengar oleh Allah SWT, sebagaimana sabda Rasulullah saw: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalian harus melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar, atau Allah akan menurunkan hukuman dari-Nya kemudian kalian berdoa kepada-Nya dan Dia tidak mengabulkan doa kalian.” (HR Tirmidzi, beliau berkata: hadits ini hasan).

Adv 5    Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, menyucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (As sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata (QS Al-Jumuah: 110).

Adv 6    “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pengajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. an-Nahl, 16:125) 
       
Adv 7    Lebih dari sebuah kewajiban, dakwah sejatinya memiliki banyak keutamaan
        Pertama: Dakwah adalah tugas utama 124.000 para rasul, Umat Nabi Muhammad SAW melanjutkan usaha dakwah kenabian.
              Kedua : Dakwah adalah amal perbuatan yang terbaik (ahsanul a’mal).
Ketiga : Dakwah akan diganjar oleh Allah dengan balasan yang besar dan berlipat ganda.
Keempat : Dakwah pada saat yang sama adalah nasihat bagi diri sendiri.
Kelima : Dakwah merupakan penyelamat dari adzab Allah.
Dan keenam : Dakwah merupakan jalan menuju khairu ummah (umat terbaik).

Demikian yang dapat disampaikan apabila yang saya sampiakan benar, maka kebenaran hanya datangnya dari allah Swt dan apabila salah maka kesalahan itu datangnya dari saya sendiri dan kepada allah saya mohon ampun............

Tidak ada komentar:

Posting Komentar